Selasa, 03 Agustus 2010

Istilah Dalam Sepak Bola

Istilah dalam Sepak Bola
MAcam Formasi Dalam Sepak Bola
4-2-4Formasi yang terdiri dari 4 defender, 2 midfielder, 4 forward
4-3-3Formasi yang terdiri dari 4 defender, 3 midfielder, 3 forward
4-4-2Formasi yang terdiri dari 4 defender, 4 midfielder, 2 forward

advantage rule (peraturan advantage) Peraturan yang memperbolehkan wasit untuk tidak menghentikan permainan saat terjadi pelanggaran apabila penghentian justru akan menguntungkan pihak yang melakukan pelanggaran, misalnya bola masih dikuasai tim yang dikenai pelanggaran.

attacking midfielder Pemain tengah yang mimiliki posisi terdepan, bermain tepat di belakang pemain depan (forward, striker). Tugasnya adalah mendukung serangan dengan menyediakan umpan atau suplai bola bagi pemain depan untuk mencetak gol.

attacker (offensive player) Penyerang, pemain manapun dalam suatu tim yang menguasai bola.

attacking team Tim penyerang, tim yang menguasai bola.

back Pemain bertahan.

back header Menyundul bola ke arah belakang.

banana kick Tipe tendangan yang menyebabkan jalur lintasan bola di udara melengkung atau membentuk busur. Berguna untuk menghindari rintangan seperti kiper ataupun barisan pemain bertahan. Biasanya dilakukan pada tendangan bebas (free kick).
beat Meloloskan bola melewati pemain lawan, baik dengan operan, tembakan ataupun membawa bola (dribble).

behind the defender Area di antara pemain bertahan dan mulut gawang.

bycicle kick (scissors kick) Pemain melakukan tendangan akrobat untuk menendang bola di udara, bola mengarah ke belakang, di atas kepalanya.

break Ketika tim penyerang dengan segera mendekati gawang lawan sebelum pemain bertahannya sempat mundur.

breakaway Ketika seorang penyerang mendekati gawang yang tidak dijaga kecuali oleh kiper, menghasilkan sitausi one-on-one (satu penyerang vs satu kiper).

Bundesliga Liga utama sepakbola profesional di Jerman.

cap Kehormatan bagi seorang pesepakbola mendapatkan panggilan atau penugasan untuk memperkuat tim nasionalnya.

carrying the ball Pelanggaran bagi seorang kiper apabila dia berjalan lebih dari 4 langkah ketika membawa atau memantulkan bola.

caution Peringatan yang diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran ringan.

center circle Lingkaran tengah, lingkaran yang berada tepat di tengah-tengah lapangan sepakbola dan memiliki radius 9 yards (8.2 meter).

center line (midfield line) Garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 sisi yang sama luasnya.

center spot Titik tengah lapangan, tanda lingkaran kecil yang berada di pusat center circle (lingkaran tengah). Penanda lokasi untuk melakukan kickoff (tendangan pertama) untuk memulai pertandingan.

central defender Pemain bertahan yang bertugas di sekitar daerah di depan mulut gawang.

charge Berlari menuju lawan, legal jika dilakukan dari arah depan atau samping pemain lawan yang membawa bola. Ilegal apabila dilakukan dari arah belakang atau terhadap pemain yang tidak membawa bola.

chest trap Teknik untuk mengontrol dan memperlambat bola dari umpan atas.

chip pass Umpan lambung untuk melewati atau menghindari pemain bertahan dengan mengoper bola melambung di atas pemain lawan.

clear Mengamankan bola dengan membuang bola sejaun mungkin dari mulut gawang.

CONCACAF (Confederation Norte Centroamericana y Del Caribe de Footbal) Organisasi regional Amerika Tengah dan Utara. Anggotanya: Amerika Serikat, Kanada, Mexico, dan negara-negara di benua Amerika bagian tengah dan di kepulauan Karibia.

Corner kick Tendangan pojok, tendangan yang dilakukan dari sudut lapangan. Dihadiahkan bagi tim penyerang apabila bola melewati garis batas lapangan (goal line) dan disentuh terakhir kali oleh pemain bertahan.

Counter attack Serangan balik, serangan yang dengan cepat seketika dilakukan oleh tim bertahan begitu berhasil merebut bola dari lawan.

creating space Membuka ruang, ketika penyerang melakukan gerakan tanpa bola untuk memancing pemain bertahan untuk mengawalnya dan menghasilkan ruang yang lebih leluasa bagi penyerang lain yang membawa bola.

cross (crossing pass) Umpan silang, dilakukan oleh pemain yang berada pinggir lapangan mendekati garis tepi untuk mengoper bola ke arah tengah.

Crossbar Palang horizontal bagian dari gawang yang terletak di atas. Panjangnya 24 feet (7.3 meter) dan jarak dari tanah 8 feet (2.44 meter).

Cut down the angle/close down the angle Menutup sudut tembak, ketika kiper maju mendekati penyerang yang membawa bola untuk membuatnya tampak lebih besar menutup mulut gawang dan mengurangi ruang tembaknya.

Cut off ketika pemain bertahan menghalangi penyerang untuk mendekati gawang, memaksanya untuk keluar mendekati garis tepi.

Dangerous play Permainan berbahaya, ketika seorang pemain dinilai wasit telah melakukan hal yang membahayakan pemain lain, misalnya menendang bola yang sudah berada di tangan kiper (sekalipun tidak mengenai tangannya).

Defender Pemain dari tim yang tidak menguasai bola.

Defending team Tim yang tidak menguasai bola.

Defense Lini pertahanan.

Defensive midfielder (midfield anchor) Pemain tengah yang memiliki posisi tepat di depan lini pertahanan. Seringkali pemain tengah bertahan ini ditugasi untuk mengawal penyerang lawan yang paling berbahaya. Kadang disebut juga sebagai pemain jangkar.

Deflection Bola pantulan setelah mengenai seorang pemain.

Direct free kick Tendangan bebas lagsung, diberikan kapada sebuah tim karena sebuah pelanggaran serius oelh pemain tim lawan. Tendangan ini diambil dengan bola diletakkan di tanah tanpa ada pemain lawan dalam radius 10 feet (3 meter). Gol dapat dicetak oleh pengambil tendangan dari tendangan bebas langsung, tanpa harus disentuh lagi oleh pemain lainnya.

diving header Sundulan yang dilakukan dengan ketinggian yang cukup rendah dari permukaan tanah oleh pemain yang melompat dan meluncur seperti hendak menyelam ke dalam air.

draw Seri, permainan berakhir dengan skor imbang.

dribble Skill dasar untuk membawa maju bola dan mengontrolnya dengan kaki.

drop ball Salah satu cara untuk memulai kembali pertandingan dengan wasit menjatuhkan bola di antara dua pemain yang berlawanan dan berhadapan satu sama lain.

drop kick Teknik menendang bola yang digunakan kiper, bola dilepaskan dari tangannya dan ditendang sebelum menyentuh tanah.

English Football Association (FA) Organisasi induk yang mengatur dan membawahi klub-klub di Inggris.

European Cup Piala Eropa, turnamen yang dilangsungakan antara negara-negara Eropa.

FA (Football Association) Organisasi induk yang mengatur dan membawahi klub-klub di Inggris.

fake (feint) Gerakan tipuan. Dilakukan oleh penyerang (biasanya yangmembawa bola) untuk mengecoh pemain bertahan. Misalnya seperti hendak bergerak ke kiri, padahal akhirnya bergerak ke kanan; atau terlihat seperti hendak mengambil tembakan padahal tidak.

far post Tiang jauh, tiang gawang yang terletak lebih jauh dari posisi penyerang dan bolanya.

field (pitch) Lapangan tempat dimainkannya sepak bola.

FIFA (Federation Internationale de Football Association) Organisasi resmi yang mengatur dan membawahi seluruh aturan dan memayungi organisansi sepakbola dari tiap-tiap negara.

FIFA World Cup Piala Dunia, turnamen yang diselenggarakan tiap 4 tahun oleh FIFA dan diikuti oleh negara-negara anggotanya di seluruh dunia. Sebelumnya, turnamen serupa dinamakan Jules Rimet trophy.

flick header Pemain bola menggunakan sundulannya untuk mengubah arah proyeksi bola.

foot trap Menggunakan bagian bawah atau sisi kaki untuk mengontrol bola yang datang.

formation Formasi, pengaturan strategi posisi pemain dalam lapangan. Misalnya formaso 4-4-3 memiliki 4 defender, 3 midfielder dan 3 forward di lapangan.

forward Pemain depan yang memiliki tugas utama untuk mencetak gol.

forward pass Umpan maju, umpan yang ditujukan mendekati gawang lawan.

foul Pelanggaran dari peraturan yang menyebabkan tendangan bebas diberikan untuk lawan.

free kick Tendangan bebas, dihadiahkan kepada tim yang dikenai pelanggaran oleh tim lawan. Bola diletakkan di tanah tanpa halangan pemain lawan dalam radius 10 feet (3 meter)

front header menyundul bola di udara menggunakan bagian dahi/jidat. Tipe sundulan yang paling sering dilakukan.

front tackle Usaha pemain bertahan untuk merebut bola lawan dari arah muka.

fullback 3 atau 4 pemain yang tugas utamanya adalah mencegah lawan mencetak gol.

goal Gol, apabila bola melintasi garis di antara tiang gawang dan di bawah palang gawang (crossbar).Bisa juga diartikan sebagai gawang, tergantung konteks kalimat.

goal area Area dengan luas 20 yard (18 meter) x 6 yard (5.5 meter) di depan gawang di mana goalkick boleh dilakukan. Dalam area ini, pemain lawan dilarang untuk menyerang kiper yang tidak membawa bola.

goal kick Dihadiahkan bagi tim bertahan ketika bola keluar dari lapangan melintasi goal line (garis gawang) di luar tiang gawang dan terakhir disentuh oleh pemain lawan.
goal lineGaris gawang, garis batas lapangan yang sejajar dengan gawang, kadang disebut juga sebagai end line.

goalie Julukan untuk kiper atau goalkeeper.

goalkeeper Pemain yang memiliki posisi tepat di depan gawang dengan tugas utama mencegah lawan mencetak gol. Satu-satunya pemain dalam sepak bola yang diperbolehkan menggunakan tangan untuk menyentuh bola, walaupun hanya dalam kotak penalti.

goalmouth Mulut gawang.

goalpost Tiang gawang, 2 tiang vertikal yang terpisah dengan jarak 24 feet (7.3 meter) dan memiliki tinggi 6 feet (2.44 meter).

hacking Menendang kaki lawan.

halftime Waktu jeda di antara dua babak di sebuah permainan, turun minum.

halves Babak.

hand ball Pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain menyentuh bola dengan tangannya (termasuk kiper di luar kotak penalti) yang mengakibatkan tendangan bebas dihadiahi tendangan bebas langsung (direct free kick).

hat trick 3 atau lebih gol dicetak oleh satu orang pemain dalam satu pertandingan.

header Sundulan, menyentuh bola dengan menggunakan kepala.

hook Jalur lintasan bola di udara yang melengkung atau membentuk busur dikarenakan putaran bola oleh si penendang, contohnya tendangan pisang (banana kick).

in play Kondisi di mana bola berada di dalam lapangan dan wasit tidak menghentikan permainan.

indirect free kick Tendangan bebas tidak langsung, tendangan yang diberikan kepada tim atas pelanggaran yang tidak terlalu serius oleh tim lawan. Bola diletakkan di tanah tanpa halangan dari pemain lawan dalam jarak 10 feet (3 meter). Bola tidak boleh digolkan sebelum menyentuh pemain lain.

injury time Tambahan waktu dari waktu resmi 90 menit. Ditentukan oleh wasit untuk mengganti waktu yang hilang karena cedera pemain, usaha membuang-buang waktu, atau hal-hal lain.

instep drive Tembakan lurus yang diambil dari bagian dalam dari kaki penendang, biasanya adalah tendangan yang paling keras dan akurat.

intermission jeda 15 menit waktu istirahat di antara 2 babak dalam sebuah permainan.

kick off Tendangan yang menandakan dimulainya sebuah pertandingan, atau dimulainya kembali permainan setelah terjadi sebuah gol. Tata caranya: seorang pemain memberikan bola ke pada rekannya dari titik tengah lapangan (center spot).

Laws of the Game Aturan permainan, 17 buah aturan utama untuk sepakbola yang dikeluarkan oleh FIFA.

lead pass Tendangan operan yang mendahului rekan setimnya yang berlari. Bola akan tiba di lokasi tujuan bersamaan dengan rekan setimnya itu.

league Liga, sebuah perkumpulan dari beberapa tim yang menorganisir suatu kompetisi.

linesmen Hakim garis, 2 orang asisten wasit yang bertugas membantu wasit utama mengambil keputusan, mengawasi garis tepi dan garis gawang. Mereka membawa bendera untuk memberi sinyal.

loft/lob tendangan lambung

man-to-man Sebuah taktik bertahan di mana setiap pemain bertahan ditugasi untuk menjaga satu orang penyerang lawan. Taktik ini biasa digunakan oleh tim-tim nasional.

marking Mengawal penyerang lawan untuk mencegahnya membawa bola mendekati gawang, melakukan operan ataupun mendapatkan bola dari pemain setimnya.

match Sebuah pertandingan sepakbola.

midfield Bagian dari lapangan di sekitar garis tengah, area tempat para pemain tengah (midfielder) beroperasi.

midfield anchor (defensive midfielder) Pemain tengah yang memiliki posisi tepat di depan lini pertahanan. Seringkali pemain tengah bertahan ini ditugasi untuk mengawal penyerang lawan yang paling berbahaya.

midfield line (center line) Garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 sisi yang sama luasnya.

midfielder 2, 3 atau 4 pemain yang bekerja sama untuk membangun serangan maupun menjaga pertahanan. Mereka bermain di belakang pemain depan dan di depan pemain bertahan.

national team sebuah tim yang terdiri atas pemain-pemain terbaik dari suatu negara dan bertugas mewakili negara itu dalam sebuah turnamen internasional, misalnya di SEA Games ataupun Piala Dunia.

near post Tiang dekat, tiang gawang yang terdekat dengan posisi penyerang dan bolanya.

net Rajutan tali yang bergantung dan menutupi bagian belakang gawang.

obstruction Ketika pemain bertahan bukannya mengejar bola, tapi menggunakan tubuhnya untuk melindungi bola dan mencegah lawan mendapatkannya.

offence Penyerangan, usaha sebuath tim untuk mencetak gol.

offensive player (attacker) Penyerang, pemain manapun dalam suatu tim yang menguasai bola.

offensive team (attacking team) Tim penyerang, tim yang menguasai bola.

official game clock Jam resmi pertandingan, sebuah jam atau penunjuk waktu lainnya (misalnya stopwatch) yang dibawa wasit selama pertandingan untuk membantunya menandai waktu istirahat atau akhir permainan. Jam ini terus berjalan tanpa henti sampai pertandingans selesai, sekalipun pertandingan dihentikan sementara oleh wasit (misalnya ada pelanggaran, tendangan bebas atau sebab-sebab lain).

official 1 orang wasit utama, 2 orang asisten wasit (hakim garis), 1 orang wasit cadangan. Bertugas untuk memastikan pertandingan berjalan sesuai peraturan sepakbola, menghentikan dan memulai pertandingan, mencatat nilai dan waktu pertandingan, mencatat dan menghukum apabila terjadi pelanggaran. Mereka mengenakan seragam yang mudah dibedakan dari kedua belah tim.

offside Pelanggaran yang terjadi apabila seorang pemain berada pada posisi-offside menerima operan dari pemain satu timnya. Sebagai hukuman, tendangan bebas tak langsung (indirect free kick) diberikan pada tim lawan.

offside position Posisi offside, posisi penyerang di mana kurang dari 2 pemain bertahan (biasanya seorang kiper dan seorang pemain bertahan) antara penyerang dengan gawang. Penyerang tidak ada di posisi offside apabila sejajar dengan salah satu dari 2 permain bertahan itu (yang terluar).

on defensive Kondisi suatu tim yang sedang bertahan atau tidak menguasai bola.

one-two Ketika pemain pertama memberikan bola kepada pemain kedua dan mendapatkan bola kembali dari rekannya tadi saat pemain yang pertama bergerak ke depan, biasanya dilakukan dengan cepat.

on-offensive Kondisi suatu tim ketika sedang menyerang atau menguasai bola.

on-side Lawan kata dari offside.

out of play Ketika bola keluar dari batas lapangan atau jika wasit menghentikan permainan.

overlap Ketika pemain di sisi luar (misalnya pemain tengah sayap atau pemain belakang luar) berlari dari belakang mendahului pemain yang membawa bola untuk menambah pilihan mengumpan bola.

passing Ketika seorang pemain menendang dan memberikan bola (mengoper) ke rekan setimnya yang memiliki posisi lebih bagus, baik dalam menyerang ataupun bertahan.

penalty Kependekan dari penalty kick atau tendangan penalti.

penalty area Daerah persegi seluas 44 yards ( meter) kali 18 yards ( meter) dengan sisi panjangnya sejajar dengan garis gawang. Kiper diperbolehkan menggunakan tangannya untuk menyentuh bola hanya di dalam kotak penalti ini.

penalty kick Tendangan penalti, tendangan yang dilakukan dari titik penalti (penalty spot) sebagai hukuman yang diberikan oleh wasit apabila terjadi pelanggaran serius di dalam kotak penalti oleh pemain bertahan.
Tendangan penalti juga dilakukan pada akhir sebuah pertandingan jika kedudukan akhir seri, untuk menentukan pemenang pertandingan.

penalty spot Lingkaran kecil yang terletak 12 yards di depan bagian tengah gawang, tempat melakukan tendangan penalti. Terletak di pusat lingkaran penalti (penalty arc).

pitch Istilah Inggris untuk menyebut lapangan sepakbola.

play on Istilah yang digunakan oleh wasit untuk memberitahu bahwa tidak ada pelanggaran atau penghentian permainan. Digunakan untuk mendandai Advantage Rule

playoff Turnamen yang diadakan setelah jadwal satu musim (grup) sudah terselesaikan. Digunakan untuk menentukan juara.

points Nilai angka, digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah tim. Dihitung dengan: 3 angka untuk menang, 1 angka untuk seri, 0 untuk kalah.

possession Penguasaan bola.

post Tiang gawang.

professional foul Pelanggaran yang dilakukan secara sengaja. Biasanya dilakukan pemain bertahan kepada penyerang sedikit di luar kotak penalti, usaha putus asa untuk mencegah terjadinya gol tanpa menyebabkan hukuman tendangan penalti.

qualifying match Pertandingan-pertandingan yang dilagsungkan selama 2 tahun menjelang Piala Dunia untukmenentukan tim mana saja yang akan berpartisipasi dalam turnamen.

red card Kartu merah, kartu yang digunakan wasit untuk menandakan pengusiran seorang pemain dari pertandingan karena telah melakukan suatu pelanggaran keras. Bisa juga diberikan pada seorang pemain apabila melakukan pelanggaran kartu kuning berulang, 2 buah kartu kuning = kartu merah.

referee Wasit utama, dialah yang mengambil keputusan final, sebagai penjaga waktu, menentukan pelanggaran, dan memulai atau menghentikan pertandingan.

round Satu putaran dalam sebuah turname, misalnya Piala Dunia memiliki 5 putaran utama.

save Aksi penyelamatan oleh kiper dengan memblok atau menghentikan laju bola, di mana bola akan masuk ke gawang tanpa aksinya.

scissors kick (bycicle kick) Pemain melakukan tendangan akrobat untuk menendang bola di udara, bola mengarah ke belakang, di atas kepalanya.

score Hasil gol tercipta pada setiap pertandingan. Bisa juga berarti aksi mencetak gol, memasukkan bola ke dalam gawang.

scorer Pemain yang mencetak gol.

scoring opportunity Situasi di mana sebuah tim memiliki peluang untuk mencetak gol.

screening (shielding) Teknik yang dilakukan oleh penyerang untuk melindungi bola yang dibawanya dari pemain bertahan yang menjaganya dengan ketat. Si penyerang memposisikan tubuhnya di antara pemain bertahan lawan dan bola.

set play Strategi terencana yang digunakan sebuah tim ketika permainan dimulai kembali dengan tendangan bebas (free kick), tendangan penalti (penalty kick), sepak pojok (corner kick), tendangan gawang (goal kick), lemparan ke dalam (throw in) ataupun tendangan kickoff.

shielding (screening) Teknik yang dilakukan oleh penyerang untuk melindungi bola yang dibawanya dari pemain bertahan yang menjaganya dengan ketat. Si penyerang memposisikan tubuhnya di antara pemain bertahan lawan dan bola.

shinguard Pelindung tulang kering dari tendangan dan mengurangi resiko cedera berat.

shooting Usaha mencetak gol.

shot Tembakan menuju gawang untuk mencetak gol.

shoulder charge Dorongan minim dari bahu pemain bertahan ke bahu pemain lawan. Satu-satunya kontak yang diperbolehkan oleh peraturan, kecuali jika si pemain bertahan mendapatkan bola terlebih dahulu.

side tackle Usaha oleh pemain bertahan untuk mencuri bola dengan sedikit sentuhan dengan kakinya dari lawan yang berlari searah.

sliding tackle Usaha oleh pemain bertahan untuk mencuri bola dengan meluncur di permukaan tanah dengan kaki mengarah ke bola.

square pass Umpan paralel, umpan yang ditujukan kepada pemain kawan yang berlari sejajar dengan pembawa bola.

starter Pemain yang dimainkan sejak awal pertandingan. Sebuah tim biasanya memasukkan pemain-pemain terbaiknya sebagai starters.

steal Mencuri bola dari lawan.

striker Penyerang yang paling berbahaya dan memiliki kemampuan paling unggul untuk mencetak gol. Memiliki posisi di ujung tombak bagian bagian tengah dari sebuah tim.

substitution Pergantian seorang pemain yang ada di lapangan dengan pemain lain yang semula tidak dimainkan.

sudden death Sebuah aturan untuk mengakhiri perpanjangan waktu dimana tim yang mencetak gol terlebih dahulu dalam perpanjangan waktu memenangkan pertandingan.

sweeper Pemain bertahan yang memiliki posisi terdekat dengan gawangnya sendiri, di depan kiper dan di belakang barisan pemain bertahan lainnya.

tacklingaksi untuk merebut bola dari pemain lawan dengan menendang atau menghentikan bola itu dengan satu kaki

territory Separuh lapangan di mana suatu tim mempertahankannya.
thigh trapCara untuk menghentikan atau mengontrol bola di udara dengan menggunakan pahanya (thigh).

3-on-1 break Sebuah cara untuk mendobrak pertahanan lawan dengan 3 penyerang mengeroyok satu pemain bertahan.

3-on-2 break Sebuah cara menembus pertahanan lawan dengan 3 penyerang menyerbu 2 pemain bertahan.

through pass Sebuah umpan bagi pemain kawan untuk membantunya menembus pertahanan dengan mengirim bole ke sisi belakang pemain bertahan.

throw-in Lemparan ke dalam. Salah satu cara memulai kembali pertandingan di mana seorang pemain melempar bola dari arah belakang kepalanya menggunakan kedua buah tangannya, pelempar bola berdiri dengan kedua kaki menapak tanah di luar garis batas sisi lapangan.

tie Seri/imbang ketika kedua tim memiliki score sama dalam sebuah pertandingan. Apabila pertandingan berakhir seri, maka pertandingan disebut sebagai draw.

tiebreaker Sebuah cara untuk menentukan pemenang dari sebuah pertandingan ketika hasil angka tetap seri bahkan setelah perpanjangan waktu.

timekeeper Pencatat waktu, tugas dari wasit utama (referee), yang memperhatikan waktu resmi untuk menyatakan jika sebuah pertandingan sudah selesai.

trailing Keadaan dari suatu tim ketika ketinggalan angka (jumlah gol) dari tim lawan.

trap Ketika seorang pemain menggunakan anggota tubuhnya untuk menghentikan atau mengontrol bola yang bergerak. Biasanya menggunakan dada, paha atau kaki.
2-on-1 breakSebuah cara untuk menembus pertahanan lawan dengan 2 penyerang menghadapi 1 pemain bertahan lawan.

Venue Lokasi dimana sebuah pertandingan kompetitif diadakan.

Volley Tendangan yang ditujukan ke bola yang sedang melayang di udara.

Wall Barisan rapat dari 2 atau lebih pemain bertahan yang saling menempel bahu ke bahu untuk menutup celah dan melindungi gawang mereka dari tendangan bebas (free kick)jarak dekat. Menciptakan kondisi yang lebih sulit untuk mencetak gol dengan mengurangi area gawang yang terbuka.

wing/winger Pemain depan yang memiliki posisi di sebelah luar penyerang tengah (striker) dan bertugas utama untuk mensuplai umpan silang akurat bagi striker untuk mencetak gol. Biasanya merpakan pemain tercepat dan yang memiliki skill dribble tertinggi di dalam tim.

World Cup Piala Dunia. Sebuah turnamen kompetisi internasional terbesar yang diadakan FIFA setiap 4 tahun sekali di antara tim-tim nasional terhebat di dunia. Even yang paling banyak ditonton di seluruh dunia dengan penonton televisi lebih dari 3 milyar orang.

Yellow card Kartu kuning, diacungkan wasit untuk memberi peringatan kepada seorang pemain atas perilaku buruk atau permainan yang berbahaya. Dua buah kartu kuning yang diberikan kepada seorang pemain membuatnya mendapat satu buah kartu merah otomatis, berarti dia harus keluar dari permainan tanpa diganti.

1 komentar: